Saturday, October 15, 2016

Keunikan Batu Katak di desa Kalianyar

Batu katak orang menyebutnya, saya sebenarnya sudah 3 tahun tinggal di Desa Kalianyar Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso, mendengar batu katak sedikit penasaran walau hanya mendengar cerita dari masyarakat sekitar, setelah mendatanginya yang saya dapatkan ternyata batu besar berbentuk katak atau kodok dengan tinggi sekitar 2 meter, dahulu batu ini banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar untuk berteduh selepas bertani atau bercocok tanam karena letaknya tepat berada di tengah sawah.



            












Batu ini terletak di Dusun Kalianyar Selatan dekat jalan utama Tamanan Bondowoso kurang lebih 100 meter dari jalan raya kemudian melewati pematang sawah yang ada disana, lebih jelas silahkan tonton vlog saya dibawah ini.

video

            Tidak ada yang tahu sejarah batu katak ini, yang jelas kata para sesepuh desa menjelaskan kalau batu ini sudah ada sejak dahulu, bahkan dahulu batu katak ini lengkap dengan kedua kaki dikanan kirinya, menurut pengakuan masyarakat sekitar kedua kaki sengaja di timbun karena bentuk dan kemiringannya cukup terjal dan dalam sehingga membahayakan orang yang ingin menaikkinya terutama anak kecil. Keunikan lainnya dengan menaiki batu katak ini kita bisa melihat hamparan sawah yang luas plus pemandangan gunung raung yang indah.

















            Ok sampai disini dulu jalan-jalan kita kali ini dan perlu diingat rekreasi tak perlu jauh dan mahal cukup mengenali lingkungan sekitar anda dan dapatkan keindahan dan keunikannya, so selamat bersenang-senang dan nantikan episode selanjutnya.

4 comments:

  1. Sayang banget ya kakinya udah nggak ada. Iya, mirip kodok. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas koko, sebenarnya ada tapi ditimbun oleh warga setempat

      Delete