Saturday, August 6, 2016

4 KESALAHAN DALAM MERAIH KESUKSESAN

1.      Tergesa-gesa

Setiap orang pasti menginginkan apa yang mereka impikan, tapi sering kali kita lupa bahwa setiap kesuksesan ada banyak tahap yang harus dilalui, misalnya kita menginginkan nilai matematika yang bagus pasti kita harus melalui tahap rajin masuk kelas, mengikuti setiap ulangan dan tugas selama satu semester dan mendapatkan nilai bagus di ujian akhir semester. Begitu juga impian anda, tidak mungkin anda bercita-cita menjadi seorang sarjana kalau ijazah SMA saja belum punya, karena syarat untuk kuliah adalah lulus SMA, boleh kita memandang kesukesan sebagai halnya mudah tapi jangan terburu-buru untuk mendefinisikan sukses atau tidaknya kehidupan anda apalagi menyatakan diri sebagai orang yang gagal, mungkin anda masih belum mencapai tahap kesuksesan tapi anda sudah berhenti untuk berusaha, persiapkan semuanya dengan matang dan lalui tahap demi tahap dengan sebaik baiknya.

4 kesalahan dalam meraih kesuksesan 
Suatu contoh ketika ada seorang teman facebook memberi pesan lewat inbox fb  untuk menanyakan cara untuk mendapatkan beasiswa dan kuliah diluar negeri, kemudian saya jelaskan panjang lebar pada dia, dia merespon dan sangat aktif bertanya, pertanyaan terakhir yang saya lontarkan dan membuat saya tersenyum adalah “kalau ada foto copy ijazah saya bantu anda untuk mencari LOA (latter of acceptance) atau surat bahwa kita diterima di institusi tempat kita tuju”, tapi kemudian dia menjawab kalau dia masih semester akhir dan belum lulus..he dan saya yakin dia tahu kalau persyaratan minimal besiswa S2 adalah lulus S1, tapi dia tetap saja bertanya panjang lebar, kemudian saya ingatkan dia untuk menyelesaikan studinya terlebih dahulu baru memikirkan tahap selanjutnya. Jangan tergesa gesa, pelajari dan persiapkan apa yang harus anda miliki sehingga anda siap melalui tahap-tahap yang diperlukan untuk mendapatkan impian yang anda inginkan.


2.      Malu bertanya

Ada pepatah mengatakan “ malu bertanya sesat dijalan, banyak bertanya malu-maluin”..he, mengapa mesti malu untuk bertanya kalau memang anda tidak tahu karena lebih baik bertanya dari pada tersesat nantinya, mengapa anda harus bertanya? Karena sudah banyak orang yang lebih sukses sebelumnya dibidang apapun itu dan banyak pengalaman hidup yang telah mereka jalani, mungkin anda bisa mendapatkan informasi dari membaca atau searching di internet tapi bertanya pada orang yang pernah mengalami kesuksesan hidup akan mempercepat tercapainya kesuksesan anda karena orang tersebut lebih berpengalaman dari kita, inti dari bertanya adalah mempermudah anda untuk mendapatkan kesuksesan itu sendiri.

Misalkan anda ingin menjadi juara kelas disekolah tentu saran yang tepat adalah bertanya pada orang yang sudah terbukti juara kelas, karena sia-sa ketika anda bertanya pada orang yang tidak juara kelas walaupun itu senior anda, dengan bertanya anda akan mendapatkan informasi yang benar sehingga proses yang anda lakukan benar dan terarah pada impian anda karena proses yang benar memerlukan informasi yang benar agar anda focus dalam berusaha atau on the track, bila informasi yang anda dapatkan tidak jelas anda pasti kehilangan arah, apalagi informasi yang anda dapatkan tidak benar malah bisa sia-sia usaha anda.
Memiliki informasi yang benar akan menghemat waktu dan tenaga anda misalkan anda ingin bepergian menuju dari kota A ke kota B anda bertanya pada orang yang menurut anda pernah pergi dari kota A ke kota B namun anda tidak mendapatkan informasi yang akurat maka  peluang mendapatkan kesuliatan dalam perjalanan dari kota A ke Kota B semakin besar. Bertanya boleh-boleh saja dan pertanyaannya harus menghasilkan jawaban yang benar, tapi bertanya terus tanpa memulai sama juga bohong!!!

3.      Takut untuk memulai

Ini kesalahan yang banyak dialami orang-orang jaman sekarang, coba kita pikir apakah rencana dan pertimbangan itu penting untuk memulai sesuatu? Jawabannya sangat penting tapi kalau terlalu banyak rencana dan pertimbangan tanpa adanya action (tindakan) akan percuma atau sia-sia, memang perlu untuk merencanakan dan mempertimbangkan segala sesuatu namun dampak negative jika terlalu lama merencankan dan mempertimbangkan akan memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang membuat anda tidak percaya diri dan biasanya  pertanyaan-pertanyaan itu adalah pertanyaan yang belum kita ketahui jawabanya seperti “ bisa tidak ya aku melakukan?”, “kalau gagal nanti bagaimana?”, “harus dimulai dari mana?” dan banyak lagi pertanyaan yang membuat kita semakin takut untuk mulai melakukan tindakan.
 Untuk mengurangi pertanyaan-pertanyaan negative ini pergunakan logika anda misalkan bila anda telah mempersiapkan segala sesuatnya maka anda tidak perlu merasa takut, pikirkan apa saja yang telah anda lakukan untuk mencapai tujuan anda dan yang lebih penting adalah menyegerakan untuk mulai melakukan tindakan, manfaat utama  memulai sesuatu adalah kita akan belajar mengetahui cara terbaik meraih impian anda, dengan memulai tindakan anda akan mendapatkan jawaban dari semua keraguan yang anda miliki selama ini dengan belajar dari setiap rencana yang anda lakukan, kalaupun anda gagal kegagalan anda yang akan menjadikan anda lebih pintar dalam menghadapi kegagalan-kegagalan, rencana dan pertimbangan tidak akan bermanfaat apa-apa kalau tidak anda wujudkan selanjutnya kata pribahasa “experience is the best teacher” yang artinya pengalaman adalah guru terbaik. Misalnya anda ingin belajar naik sepeda dan sudah mengerti teorinya tapi apa yang terjadi ketika anda baru pertama kali mempraktekkannya? Saya yakin pasti mengalami ketidakseimbangan, jatuh dan lain sebagainya karena teori sangat jauh dari praktek karena dari praktek itu kita belajar. Jadi tunggu apalagi, cepat lakukan ide yang ada dipikiran anda karena dari situlah anda belajar!!!

4.      Mudah berputus asa

Kalau kesuksesan ibarat sepiring nasi yang harus dihabiskan, apa yang harus anda lakukan untuk meraih sukses? Pertanyaan bodoh memang, pasti anda akan menghabiskannya!!. Sama seperti kesuksesan kalau anda masih belum sukses berarti ada proses yang belum anda habiskan atau anda selesaikan, sehingga kesuksesan anda tertunda, proses ibarat nasi yang harus anda lahap sampai habis, seperti contoh diatas bagaimana bisa anda menjadi sarjana kalau ijazah SMA saja tidak punya? Berarti proses di SMA harus anda habiskan terlebih dahulu baru bisa melanjutkan ke jenjang strata satu, begitu juga untuk mendapatkan gelar sarjana anda harus melahap habis proses disana sehingga anda layak untuk mendapatkannya. Jadi kalau anda belum sukses berarti ada proses yang belum anda habiskan atau anda selesaikan.

Jangan pernah berputus asa, kegagalan adalah proses yang salah untuk mencapai kesuksesan dan dari kegagalan kita akan memulai untuk mencari jalan lain menuju kesuksesan, selama anda masih memiliki tujuan yang jelas kegagalan akan membuat anda semakin pinter untuk memulai ide baru bukan malah berputus asa, saran saya untuk menghilangkan putus asa adalah membaca biografi tokoh-tokoh sukses didunia ini dan lihatlah bagaimana mereka bangkit dari kegagalan dan anda akan medapatkan semangat baru misalkan:

a.       Saochiro Honda harus mengalami 3 kali kegagalan dalam membangun perusahaan Honda karena pabriknya hancur akibat perang, kekuarangan suplai dana dari pemerintah dan penjualan merosot akibat perang
b.      Abraham Lincoln harus mengalami 10 kali kegagalan di parlemen amerika sebelum mejadi presiden tersukses amerika serikat
c.       Colonel sanders (pendiri kfc) baru memulai usahanya pada usia 65 tahun setelah gagal mencoba berbagai bidang

Dan masih banyak contoh lainnya, jangan pernah berputus asa teruslah mencoba sampai anda mendapatkan apa yang anda inginkan, salam sukses!!!

No comments:

Post a Comment