Wednesday, May 11, 2016

Snorkeling di Pantai Trang Thailand

jalan-jalan ke thailand
Tanggal 8 Mei 2016 saya dan teman-teman PERMITHA (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand) dapat kesempatan untuk pergi ke pantai Trang, pantai ini dikenal sebagai tempat senorkeling, kami berangkat pukul 5.30 pagi dari dorm kampus untuk mengejar keberangkatan kapal pukul 9.30, kita harus menaiki kapal untuk sampai ke tempat-tempat snorkeling disana, perjalanan menunju Trang dari Hat Yai kurang lebih 2,5 jam saja, jadi tepat pukul 8.00 kita tiba di Trang, sebelum kita menuju kapal kita harus check in di Travel agen yang telah kita pesan beberapa hari sebelumnya, disini kita diminta untuk menulis nama dan nomer passport sebagai tanda pengenal saja, kemudia kita mendapatkan stiker yang wajib di temple di baju.

Biaya untuk menaiki kapal sebesar 750 baht saja total biaya yang kita keluarkan perorang adalah 1200 baht atau 480.000 rupiah sudah termasuk kapal, makan, dessert dan minuman, pokoknya dijamin puas, harga ini adalah harga lokal yang diberikan petugas pada kami karena wajah kami mirip orang Thailand katanya..he, dia juga menambahkan sebenarnya turis asing harus membayar lebih dari itu dan pakai kurs dollar, perjalanan kami memang tidak terlalu mahal karena untuk akomodasi kita menggunakan van dari konsulat Indonesia yang berada di Songkla dan biaya bensin ditanggu oleh bapak Triogo Jatmiko selaku Consul / Head of Mission, the Consulate of the Republic of Indonesia, memang bapak konsulat yang satu ini sangat care dengan mahasiswa Indonesia khususnya yang berada di Thailand selatan, beliau memberikan pinjaman van agar kita juga bisa promosi pariwisata Indonesia karena body van consulat banyak terdapat gambar tempat-tempat wisata di Indonesia.

Perjalanan kita pertama adalah menaiki kapal dari travel agen ke sebuah pulau untuk melihat trumbu karang disekitarnya, kita juga diberikan baju pelampung bagi semua orang yang mengikuti travel ini kurang lebih ada 40 yang mengikuti perjalanan ini dan 15 diantaranya mahasiswa dari Indonesia, jadi meskipun tidak bisa berenang kita aman karena menggunakan pelampung plus kacamata snorkeling. Setelah itu kita menepi sebentar untuk menyantap makanan berupa sea food.

jalan-jalan ke thailand            Perjalanan kedua adalah snorkeling namun lebih menantang, kita diharuskan memasuki goa atau koh mook cave dengan cara merayap dan berpegangan pada baju pelampung teman dari depan kebelakang berjejer seperti ular dan ditarik oleh tour guide yang berada di urutan paling depan, ujung dari gua ternyata  ada sebuah celah di tengahnya yang berupa daratan terisolir, mudahnya kita masuk ke sebuah gunung yang di tengah-tangahnya terdapat daratan dan hanya ada satu jalan untuk memasukinya yaitu melewati gua tersebut seram tapi menantang, tempat ini adalah tempat yang paling seru dan berkesan bagi kita semua.

Perjalanan terakhir adalah snorkeling kesebuah pulau dengan bukit yang menjulang untuk melihat berbagai macam ikan hias, airnya dingin dan jernih. Setelah itu kita kembali ke tempat semula tepat pukul 17.30, tak terasa perjalanan kita kali ini memakan waktu kurang lebih 8 jam sehingga kita semua harus menjama’ sholat zuhur dan ashar, memang serasa cepat karena tempat-tempat yang kita kunjungi kali ini bagus dan indah sekali, untuk lebih lengkap bisa lihat video saya dibawah ini.