Wednesday, October 21, 2015

Jalan-jalan ke Bangkok bersama Kholid Rosyidi MN

Tanggal 15 – 18 Oktober 2015 saya dan teman-teman mahasiswa faculty of nursing prince of songkla university (PSU) berserta dosen melakukan study visit ke beberapa tempat di Bangkok seperti mahidol university, Wat Bang Kung Tree Temple, King Rama II Memorial Park, Chatuchak Market, Vimarnmek mansion, Amphawa Chaipattananuruk, Asiatique Night Market, Asiatique Night Market, The Grand Palace Thailand, Thai Human Imagery Museum. Kita berangkat pukul 5.30 pagi dari PSU menuju Hat yai airport untuk keberangkatan pesawat pukul 08.00 menuju bandara Don Mueang Bangkok.
               
Setibanya di Bangkok kita melakukan kunjungan ke Mahidol University (salaya kampus) untuk skedar sharing pengetahuan dengan teman-teman dan dosen Faculty of Nursing Mahidol University sambil menyantap hidangan makan siang disana, tepat jam 4 sore kita mengunjungi Thai Human Imagery Museum atau museum lilin yang terletak di Provinsi Nakhon Pathom, disini kita bisa menemukan patung lilin para biku – biku budha paling berpengaruh di Thailand, para raja Thailand dari Dinasti Chakri mulai dari Rama I sampai Rama VIII,  juga ada beberapa tokoh terkenal seperti Abraham Lincoln, Mahatma Gandhi, Wiston Churchil dan juga display budaya tradisional Thailand masa lalu.

Keesokan harinya kita The Grand Palace atau Wat Phra Kaew adalah kompleks istana di Bangkok, Thailand. Istana ini berfungsi sebagai kediaman resmi Raja-raja Thailand dari abad ke-18 dan seterusnya, sebagai tempat menerima tamu kenegaraan dan acara ritual keagamaan. Istana ini mulai dibangun pada tahun 1782, pada masa pemerintahan Raja Rama I, ketika beliau memindahkan ibu kota kerajaan menyeberang sungai dari Thonburi ke Bangkok. Istana ini telah diperluas beberapa kali dan bangunan-bangunan tambahan telah dibangun seiring waktu perkembangannya dengan gaya arsitektur khas Thailand dan eropa. Meskipun tetap bergelar Istana Raja, Raja Thailand yang sekarang, Raja Bhumibol Adulyadej tidak berdiam di istana ini, dia tinggal di Istana Chitralada. Untuk masuk ke grand palace bagi orang Thailand gratis namun bagi wistawan asing kita dikenai biaya 100 baht/orang.
             
Di malam hari kita pergi ke Asiatic Night Market atau pasar malam di pusat kota, sebelum pergi kesana kita naik sky train dari siam center kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan boat untuk menghindari macet karena pukul 5.30 adalah jam pulang kantor sehingga lalu lintas menjadi padat dan merayap, sesampainya di Asiatic kita dimanjakan dengan pemandangan indah kota Bangkok dimalah hari, di Asiatic kita bisa berbelanja sepuasnya cocok bagi ibu-ibu yang suka shoping, disini juga tersedia lengkap aneka jenis hiburan terutama pertunjukan Thai Boxing pada pukul 8 malam live tiap hari, disini juga ada flyer atau kincir raksasa tapi tidak terlalu besar seperti di Singapore atau London, kita juga disuguhi hiburan kembang api.
             
Hari ketiga kita pergi ke Damnoen Saduak Floating Market dan Ampawa Floating Market tempat ini adalah tempat pasar terapung paling terkenal di Thailand bahkan banyak turis mancanegara yang datang kemari, seperti pasar terapung biasanya disini menjual beraneka makanan, merchandise, dan berbagai cinderamata khas Thailand semua ada disini namun harganya cukup mahal karena ditujukan untuk wisatawan mancanegara, kita bisa berbelanja sambil menaiki sampan dengan biaya 120 baht per sampan biasanya di bagi 6 orang atau 20 baht per orang. Kita juga singgah di Amphawa Chaipattanaanuruk masih ditempat yang sama, disini kita bisa melihat berbagai kerajinan tangan khas Thailand dan kita juga bisa ikuti proses membuatannya, di sini juga ada pengolahan alami berbagai prodak kosmetik dan kesehatan mulai dari bedak, lipstick, gula, garam dan lain sebagainya. Malam harinya kita pergi untuk melihat firefly alias kunang-kunang menggunakan boat dengan biaya 60 baht per orang.
             
Hari keempat atau hari terakhir, kita pergi ke Vimarnmek mansion, mansion ini adalah tempat tinggal yang terbuat dari kayu kediaman king rama VI sebelum beliau pergi ke eropa. Vimarnmek mansion termasuk mension terbuat dari kayu terbesar didunia, disini kita bisa melihat foto dan koleksi berharga milik raja yang masih terjaga, berbagai macam foto keluarga raja dan aktivitas raja banyak terpampang didinding, juga ada dua foto kunjungan raja ke kraton jogyakarta dipajang disini sayang kita tidak diperkenankan untuk mengambil gambar atau video kerena alasan keamanan dan selanjutnya kita melanjutkan perjalanan untuk pergi ke Chatuchak Market yaitu pasar terbesar didunia dengan luas 11, 2 hektar kurang lebih ada 15.000 bilik toko didalamnya dan menjual berbagai macam barang kebutuhan rumah tangga, souvenir dan lain-lain.
             
Tepat pukul 18.40 kita harus terbang ke hat yai dari bandara Don Mueang Bangkok, sampai disini dulu ya jalan-jalan kita, nantikan episode jalan-jalan selanjutnya, special thanks untuk faculty of nursing yang telah membiayai perjalan ini, terima kasih.
jalan-jalan ke Bangkok
The Grand Palace Bangkok Thailand
Photo by: Ni Kadek Ayu



No comments:

Post a Comment