Sunday, April 5, 2015

Jalan-jalan ke Thailand Selatan Bersama Kholid Rosyidi MN

Tepat 10 agustus 2014 saya tiba di bandara international hat yai Thailand, hat yai merupakan salah satu kota dari Provinsi Songkhla Thailand, seperti biasanya menginjakkan kaki di tempat yang baru bagi saya perlu waktu untuk beradaptasi terlebih di luar Indonesia, tujuan utama adalah kuliah namun tidak lengkap rasannya tanpa menikmati keindahan suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya, seperti bisa saya cepat beradaptasi dengan beberapa kawan dari Indonesia yang tergabung dalam perkumpulan mahasiswa Indonesia di Thailand, karena jadwal kuliah hanya senin sampai jumat dan sabtu minggu libur, teman-teman mahasiswa PSU sering melakukan touring alias jalan-jalan dan sayapun tak pernah melewatkannya karena gratis!! He


Mayoritas penduduk di Thailand selatan adalah beragama Budha dan lokasinya berdekatan dengan Malaysia terdapat sejarah panjang didalamnya sehingga muslim menjadi mayoritas kedua di Thailand selatan, tentu kita akan mudah menemukan kuil budha dan masjid di sekitar songkhla, songkhla memiliki banyak tempat wisata standart yang menarik untuk dikunjungi mengapa saya katakana standart karena kualitasnya masih local beda dengan Kuta Bali atau Puket yang sudah mendunia, namun untuk mengusir kebosanan boleh untuk dicoba.




Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang tempat-tempat yang pernah saya kunjungi, Adapun tersebut antara lain

1. Sala Phara Wihan Daeng
Pavilion Rama ke V yang dibangun pada tahun 1889 selain berfungsi sebagai tempat peristirahatan raja disini juga ada kuil untuk beribadah bagi umat Budha, dan kita juga bisa melihat pemandangan kota Songkhla dari ketinggian.

2. Kuil Dewi Khuan Inn
Kuil ini berada di kota hat yai disini juga ada kuil budha yang besar, diarah utara kuil tersebut terdapat Masjid besar Provinsi Songkhla yang megah sekali disini ada bisa melihat pemandangan Kota Hat Yai dari atas bukit.

3.  Upacara Loy Krathong
Upacara yang dilakukan umat Budha Thailand untuk menghormati dewa air, dengan melakukan upacara ini dipercaya bisa menolak bala, pada tahun 2014 upacara ini di adakan pada tanggal 6 November tahun lalu.

4. Masjid Kreu Se
Masjid Kreu Se adalah masjid yang unik, Masjid ini terkesan belum selesai dibangun karena belum dikuliti bagian luarnya sehingga yang Nampak hanya tumpukan batu bata yang membentuk masjid, ternyata masjid ini memiliki sejarah yang luar biasa, masjid ini menjadi saksi bisu sejarah muslim pattani yang terus dikenang.

5.  Floating market
Floting market atau pasar apung, terletak di kota Hat Yai, secara umum sama seperti floating market yang ada diindonesia bedanya mereka menjual aneka masakan khas Thailand dan juga disekitar pasar banyak hiburan dan pertunjukan.

6. Syamila Beach
Syamila Beach adalah pantai di Songkhla, Syamila Beach memiliki patung nanga yang besar dan merupakan pelabuhan utama di kota Songkhla.

Berikut Playlist videonya selamat menikmati

 


Video tersebut adalah dokumentasi pribadi saya selama mengikuti jalan – jalan bersama kawan-kawan permitha PSU, setelah membaca dan menonton video saya semoga dapat merefresh pikiran anda, jangan lupa bersantai sejenak sesibuk apapun anda, Salam Sukses 

1 comment:

  1. Mantap pak, banyak tempat yanf menarik di Thailand selatan :D

    ReplyDelete