Sunday, February 24, 2013

Pengertian Teori Motivasi

pengeritan teori motivasiMotivasi bisa dikatakan sebagai dorongan mengapa sesorang berbuat sesuatu, bahkan sudah umum orang menyebut dengan "motif", kata "motif", diartikan sebagai daya upaya yang mendorong sesorang untuk melakukan sesuatu. motif dapat dikatakan sebagai daya penggerak dari dalam dan didalam subjek untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi mencapai suatu tujuan. bahkan motif dapat diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan). Berawal dari kata "motif" itu, maka motivasi dapat diartikan sebagai daya penggerak yang telah menjadi aktif. motif menjadi aktif pada saat-saat tertentu, terutama bial kebutuhan untuk mencapai tujuan sangat dirasakan/mendesak.
Menurut Mc Donald, motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya "feeling" dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.dari pengertian yang dikemukanan Mc Donald ini mengandung tiga elemen penting.
  1. Bahwa motivasi itu mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap manusia. Perkembangan motivasi akan membawa beberapa perubahan energi didalam sistem "neurophysiological" yang adda pada organisme manusia. karena menyangkut perubahan energi manusia (walaupun motivasi itu muncul dari dalam diri manusia), penampakannya akan menyangkut kegiatan fisik manusia.
  2. Motivasi ditandai dengan munculnya, rasa "feeling", afeksi seseorang. dalam hal ini motivasi relevan dengan persoalan-persoalan kejiwaan, afeksi dan emosi yang dapat menentukan tingkah-laku manusia.
  3. Motivasi akan dirangsang karena adanya tujuan. jadi motivasi dalam hal ini sebenarnya merupakan respons dari suatu aksi, yakni tujuan. Motivasi memeang muncul dari dalam diri manusia, tetapi kemunculannya karena terangsang/terdorong oleh unsur lain, dalam hal ini adalah tujuan. tujuan ini menyangkut soal kebutuhan.
Jadi motivasi merupakan dorongan baik dari dalam maupun luar diri kita, permasalahnya sekarang kita harus mengetahui dorongan yang dapat mendorong kita itu apa, oleh karena itu kita meski melakukan trai and error dan jangan pernah lelah untuk mencoba karena motivasi nanti akan membisakan diri kita dalam membentuk pribadi maupun karakter yang lebih baik, terima kasih

Sumber:Interaksi dan motivasi belajar mengajar karya Sadirman A.M (2009)

1 comment:

  1. Mantap, setiap org pasti pnya pndorong yg beda2 utk memotivasi dirinya.. :)

    ReplyDelete