Monday, May 21, 2012

Menangkal keraguan dalam menulis


Menulis sama halnya dengan kita belajar berjalan ketika kecil, belajar membaca, belajar bersepeda, dan lain sebagainya,  jadi penulis best seller sekalipun sama dengan diri kita, apa kesamaannya? Sama-sama berawal dari ketidaktahuan.
Mental yang mesti anda bangun pertama kali untuk memulai tulisan adalah:

http://meitymamahitministry.blogspot.com/2011/09/antara-kebenaran-pembenaran-diri.html
  1.   Jangan pernah takut memulai suatu tulisan
  2.   Jawablah keraguan yang ada dipikiran anda dengan tindakan (menulis)
  3.  Ingat setiap tulisan dimulai dari 1huruf, 1kata, 1kalimat,1 lember sebelum menjadi berlembar-lembar.
  4.  Ketika anda memulai sebuah tulisan dan banyak kesalahan didalamnya maka hal tersebut semata-mata  untuk memuliakan anda agar karya anda semakin bagus.
  5.  Jadikanlah kritik dan saran sebagai suatu yang membantu dalam proses terciptanya suatu karya yang menarik, so tersenyumlah ketika anda dikritik seseorang.
Diatas saya jelaskan menulis sama dengan orang yang sedang belajar naik sepeda. Saya tanyakan pada anda bagaimana ketika anda pertama kali belajar naik sepeda? Meskipun anda sudah mendapatkan teori dari orang lain (saudara, teman, orang tua, kakak dll) cara bersepeda yang benar. Apakah sesuai dengan teori yang kita lakukan? Karena pengalaman seseorang jelas berbeda, oleh karena itu anda harus berlatih sendiri, memperbaiki kesalahan sendiri, dan memenulis sendiri pastinya..he untuk membentuk suatu karakter atau sifat sebagai penulis hebat, jadi terus belajar dan jangan gentar dengan apa yang dikatakan orang lain, ciptakan karya anda dari pemikiran-pemikiran anda sendiri, ingat anda sendiri karena originalitaslah yang membuat anda dikenal namun tetap pada kaidah-kaidah penulisan yang benar, salam sukses.

2 comments: